ekonomi: teori prilaku konsumen

TEORI PRILAKU KONSUMEN

 

 

 

            Sebelum mengetahui apa itu teori prilaku konsumen , maka terlebih dahulu kita harus mengetahui Pengertian dan Asumsi dasar dari Teori Prilaku Konsumen, yaitu:

 

1.Barang (comodities)

            Barang adalah benda dan jasa yang dikonsumsi untuk memperoleh manfaat dan kegunaan , barang yang dikonsumsi mempunyai sifat: makin banyak dikonsumsi makin besar manfaat yang diperoleh,contohnya: pakaian, jeans tas, sepatu dll.

 

2. utilitas (utility)

            Utilitas adalah manfaat yang diperoleh karena mengkonsumsi barang . utilitas total(total utility/TU) adalah manfaat total yang diperoleh dari seluruh barang yang dikonsumsi,utilitas marjinal (marjinal utility/mu) adalah tambahan manfaat yang diperoleh karena menambah konsumsi sebanyak 1 barang.

 

3. Hukum pertambahan manfaat yang makin menurun (the law dimishing marginal utility)

            Dalam analisis perilaku konsumen , gejala LDMU dilihat dari makin menurunnya nilai utilitas marjinal / marginal analysis.gejala LDMU disebut hukum GOSSEN

 

4.Konsistensi preferensi (transtivity)

            Adalah kemampuan konsumen dalam menyusun prioritas pilihan agar dapat mengambil keputusan . konsep ini disebut konsep transtivitas.

 

5.Pengetahuan sempurna (perfect knowledge)

            Konsumen diasumsikan memiliki informasi atau pengetahuan yang sempurna berkaitan dengan keputusan konsumennya.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s