Pengaruh Blackberry pada pergaulan remaja masa kini

Demam blackberry atau “BB”, mungkin itu yg sedang terjadi dalam pergaulan saat ini. Sekarang smartphone seperti blackberry sudah menjadi gaya hidup bagi kebanyakan remaja diindonesia,tidak hanya remaja perempuan,atau laki-laki bahkan anak-anak,orang tua,dan orang-orang kantor atau berdasi pun sudah terbius dengan adanya Smartphone ini.

 

Siapapun pasti akan tergiur dengan smartphone bermerek “blackberry”. Karena fitur yg ditawarkan sangat mudah d’gunakan kita cukup mendownload apapun yg kita ingini d’fitur Blackberry APP world, selain itu jga smartphone ini memudahkan penggunanya untuk menggunakan internet dengan biaya yang cukup murah.tanpa harus membawa2 laptop atau mengunakan PC, para penggunanya dapat menggunakan BB dimanapun dan kapanpun untuk berselancar.

 

Namun,dengan kepraktisannya ini, orang-orang khususnya remaja menjadi kurang perhatian dengan sekitarnya.para remaja sibuk dengan dunia-nya sendiri, terkadang dapat kita lihat sikap mereka yang seenaknya dan tidak menghiraukan sekelilingnya. Sering kita temui adalah ketika berada di pusat perbelanjaan (MALL) sebagian orang sibuk dengan blackberry nya, apalagi para remaja mereka tidak pernah lepas dari handphone yg digenggamnya. 

 

Tidak heran saat mereka sedang dalam keadaan di sekolah,makan,berkendaraan,bahkan berjalanpun mereka selalu menundukan kepalanya sambil “BBM-an” dan tertawa sendiri. Pernah suatu hari ketika saya sedang berada dipusat perbelanjaan saya melihat seorang remaja putri yg sedang asik-asiknya ber BBM-an ria sambil berjalan seorang diri, tiba-tiba ia tersandung dan kemudian terjatuh Didepan orang-orang  yg ada didalam mall, kejadian itu tentu membuat dirinya malu.

 

Akibat dari penggunaan yang berlebihan, hubungan komunikasi dengan orang tua,guru dikelas,bahkan dengan orang-orang disekitarpun mereka sudah tidak memperdulikannya lagi.Hal ini kemungkinan besar berdampak buruk bagi perkembangan psikis dan konsentrasi remaja dalam belajar. Selain itu dapat menyebabkan ketergantungan pada alat-alat elektronik.Komunikasi dalam dunia maya pun menjadi lebih dominan dibanding komunikasi di dunia nyata.

 

 Menurut saya, hal ini merupakan perkara yang cukup memprihatinkan dan dapat mengancam masa depan remaja bangsa Indonesia. 

Bahkan karena hal ini, remaja indonesia secara tidak langsung akan dijajah oleh benda elektronik sperti BB.

 

Meskipun saya juga menggunakan smartphone BB,saya rasa remaja harus tahu bagaimana dan kapan handphone BlackBerry digunakan. Oleh karena itu Remaja harus lebih dihimbau untuk menggunakan handphone BlackBerry secukupnya saja, dan menggunakan fungsi-fungsi aplikasi yang ada secara cermat dan efisien. Remaja dapat menggunakan fasilitas online yang ada pada BlackBerry lebih kepada tujuan edukasi seperti mencari bahan-bahan pelajaran yang tidak dimengerti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s